Yuk Kenali Jenis Media Komunikasi dalam Metode Pembelajaran Daring dan Luring

 

Jika anda tengah melakukan pembelajaran daring dan luring, maka membutuhkan jenis media komunikasi yang akan membantu anda dalam menjalankan prose belajara mengajar. Jenis media komunikasi yang digunakan ini sangat beragam. Penasaran apa saja? berikut penjelasan lengkapnya untuk anda.

Jenis Media Komunikasi dalam Metode Pembelajaran dengan Metode Daring dan Luring

  1. Komunikasi Sinkron dengan Video Call untuk Daring

Salah satu jenis komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran secara daring adalah sinkron dengan video call. Sama seperti dengan namanya, jika anda menggunakan komunikasi jenis ini akan memanfaatkan video call agar bisa saling terhubung satu sma lainnya. Sehingga saat proses pembelajaran, anda bakal saling mengetahui keadaan satu sama lainnya.

  1. Komunikasi Sinkron dengan Chat untuk Pembelajaran Daring

Masih sama-sama untuk pembelajaran jarak jauh atau online, anda dan juga teman satu kelas beserta dengan guru bisa melakukan sistem belajar dengan menggunakan komunikasi sinkron chat. Proses pembelajaran dengan chat ini berbeda dengan sebelumnya. Dimana untuk sebelumnya anda bisa melihat kondisi lawan bicara, namun untuk kali ini anda hanya bisa melakukan chat.

Obrolan dengan chat atau dalam bentuk tulisan kepada lawan bicara dalam proses pembelajaran daring dan luring yang berbeda ini akan dibantu dengan beberapa platform. Biasanya untuk jenis komunikasi via chat ini akan memanfaatkan platform  seperti whatsapp, sms, line chat, short message service, e-mail, dan masih banyak jenis komunikasi lainnya.

  1. Menggunakan Lembar Kerja Siswa Guna Media Komunikasi Pembelajaran Luring

Berbeda dengan sebelumnya untuk jenis media komunikasi untuk pembelajaran daring atau online. Kali ini anda bakal di kenalkan media komunikasi untuk pembelajaran luring. Salah satu media komunikasi yang biasa digunakan untuk pembelajaran luring atau offline adalah memanfaatkan lembar kerja siswa.

Lembar kerja siswa ini di dalamnya bakal terdapat berbagai macam materi yang akan diajarkan oleh seorang guru secara langsung. Saat dijelaskan langsung oleh guru, maka peserta didik diminta untuk mendengarkan materinya. Dengan begitu, saat diminta untuk mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa, mereka mampu menjawab dengan mudah.

  1. Memanfaatkan Radio untuk Pembelajaran Luring

Jangan salah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran luring adalah dengan media komunikasi radio. Biasanya nanti pihak guru bakal memerintahkan peserta didik untuk mendengarkan radio dan mencatat materi yang didapatkan dari radio tersebut. Dengan begitu, maka media komunikasi antara pembelajaran daring dan luring pasti berbeda.

Kesimpulannya bahwa ada empat jenis media komunikasi yang paling umum digunakan untuk mendukung sistem pembelajaran secara daring dan juga luring. Media komunikasi tersebut antara lain adalah Komunikasi Sinkron dengan Video Call dan chat untuk kegiatan daring atau online. Sedangkan Menggunakan Lembar Kerja Siswa dan Memanfaatkan Radio untuk luring atau offline.